Download Kalender Hijriah Global Tunggal Secara Lengkap -->

Download Kalender Hijriah Global Tunggal Secara Lengkap

Apa itu Kalender Hijriah Global Tunggal??

Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) adalah inisiatif visioner dari Muhammadiyah untuk menciptakan kalender Islam yang seragam di seluruh dunia. Inisiatif ini tidak hanya merupakan langkah besar dalam bidang keagamaan, tetapi juga sebagai bentuk respons terhadap kebutuhan akan kepastian dan ketepatan dalam pelaksanaan ibadah yang bersifat global.

Dikutip dari suaramuhammadiyah , Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengemukakan bahwa tahun 1446 hijriyah semakin menuntut umat Islam di seluruh dunia untuk memiliki Kalender Hijriyah Global Tunggal sebagai bentuk utang peradaban.

Haedar menegaskan bahwa umat Islam seharusnya merasa malu karena masih terdapat perbedaan dalam menentukan hari dan tanggal hijriyah, termasuk penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan 1 Muharram, baik antar negara maupun dalam satu negara. "Perbedaan ini sering kali terjadi secara dadakan dan mengandung ketidakpastian," tegas dalam artikelnya, Tahun Baru, Bergerak Maju, Ahad (7/7/2024)

Sebaliknya, Kalender Masehi atau Miladiah di dunia luar sudah pasti dan telah lama menjadi rujukan global. Haedar menekankan perlunya ijtihad dan penafsiran baru atas hadis Nabi yang berkaitan dengan hukum alam dan peredaran benda-benda langit, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengarah pada kepastian.

Haedar menambahkan bahwa umat Islam perlu menghilangkan ketidakpastian dan menuju kepastian dalam penentuan hari, bulan, dan tahun hijriyah sebagai bukti kemajuan peradaban.

Allah menciptakan alam semesta dengan hukum alam atau sunnatullah-Nya yang pasti. Allah juga menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran dalam beragama, sebagaimana disebutkan dalam QS Al-Baqarah: 185. Oleh karena itu, Haedar mempertanyakan mengapa umat Islam justru memproduksi kesukaran yang menunjukkan kekakuan dan kebekuan berpikir.

Musyawarah Nasional (Munas) Tarjih ke-32 yang diselenggarakan pada Jumat-Ahad, 23-25 Februari 2024 di Pekalongan memutuskan bahwa Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT) mulai diberlakukan pada 1 Muharram 1446 Hijriah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Suara Muhammadiyah telah menerbitkan secara resmi, KHGT Tahun 1446 Hijriah, berikut file KHGT 1446 H yang dapat didownload.

Download Kalender Hijriah Global Tunggal

DOWNLOAD KALENDER HIJRIYAH GOLBAL TUNGGAL

Anda mungkin menyukai postingan ini

Dapatkan Update dari CITOGOK di Google News Dengan klik LINK/GAMBAR DIBAWAH INI dan jangan lupa follow
Image
  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

DMCA.com Protection Status

Page Load Time...

Nih buat jajan